Kamis, 07 Juni 2012

Game Balap Karung berbasis Android


Berikut ini Latar Belakang Proposal Game Balap Karung oleh aku, Dwi Putri Pangrestu dan Yuli Riawan Adhaningsih yang diajukan sebagai tugas pengganti UTS mata kuliah Konsep Teknologi. 
  • Latar Belakang
Game, yang dalam bahasa indonesia memiliki arti permainan, adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga terdapat pihak yang menang dan yang kalah, biasanya dalam konteks yang tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Dalam penggunaannya, kata game sering digunakan untuk menyebutkan video game.
Video game adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Sistem elektronik atau platform yang digunakan untuk menjalankan video game biasanya komputer pribadi dan atau konsol permainan[5]. Seiring dengan perkembangan teknologi, game banyak dimainkan di ponsel dikarenakan lebih mudah dan praktis. Data yang diperoleh, 52 % user bermain game di ponsel lebih dari satu jam per hari. Ditambah dengan, 53 % user adalah pengguna smartphone[8].
Perkembangan smartphone di Indonesia sangat pesat, lebih dari sepertiga konsumen digital memiliki smartphone dan diperkirakan menjadi 67 % pada pertengahan 2012[7]. Smartphone yang paling banyak diminati dipasaran adalah smartphone berbasis Android[2]. Banyak keuntungan yang didapat dari Android. Salah satunya adalah Android memiliki banyak aplikasi, ada lebih dari 40.000 aplikasi yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. Semua aplikasi ini dapat diunduh di market Android[1]. Dengan keuntungan tersebut, banyak gamer yang beralih menggunakan smartphone berbasis Android.  
Berdasarkan jenis (genre), game dibagi menjadi beberapa kelompok. Salah satu genre game yang paling diminati saat ini adalah sport game. Sport game adalah video game yang menuntut ketrampilan user untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual, seperti perlombaan.
Setiap tanggal 17 Agustus, warga Indonesia selalu menyelenggarakan acara untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Banyak perlombaan diselenggarakan pada acara tersebut. Salah satu perlombaan yang diselenggarakan adalah perlombaan balap karung. Pada perlombaan ini, peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badan ke dalam karung kemudian berlomba mencapai garis akhir. Karung yang digunakan berfungsi sebagai hambatan yang harus dilewati. Pada awalnya, perlombaan balap karung hanya terbatas untuk kalangan tertentu, biasanya diselenggarakan di perkampungan atau sekolah. Tetapi dengan berjalannya waktu, perlombaan balap karung mulai banyak diminati khalayak umum, bahkan di lingkungan kantor pun ikut menyelenggarakan perlombaan ini. Hal yang ditawarkan dari perlombaan ini adalah kemeriahan yang terjadi selama pertandingan, bukan ketangkasan atau kecepatan untuk mencapai garis akhir, sehingga semua kalangan usia dari anak – anak hingga para orang tua gemar mengikuti perlombaan balap karung.
Dengan menghubungkan apresiasi  yang tinggi terhadap perlombaan balap karung dengan penggunaan smartphone berbasis Android yang banyak diminati, maka kami tertarik untuk membangun game Balap Karung yang berbasis Android. Pada game  ini menerapkan 2D sebagai tampilan visualnya. Storyline pada game ini bercerita tentang dua sahabat yang bernama Budi dan Anton yang berusaha untuk menjadi juara dalam perlombaan balap karung tingkat nasional. Fitur dalam game  ini antara lain, memiliki 9 level permainan dengan tambahan 1 level bonus yang bisa dimainkan jika sudah menyelesaikan semua level. Level 1, 2, dan 3 diberi nama “Bocah” dengan tingkat kesulitan yang rendah. Level 4,5 dan 6 diberi nama “ABG” dengan tingkat kesulitan sedang. Sedangkan level 7,8, dan 9 diberi nama “Pemuda” dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Untuk level bonus diberi nama “Karnaval Balap Lompat”. Game ini juga dilengkapi dengan tampilan skor permainan, waktu, kotak item, pasar kaget, dan celengan. Cara memainkan game  ini dengan menyentuh lansung ke layar sentuh pada ponsel. Ada dua cara memainkan game ini. Pertama, dengan men-touch pada layar, ini dilakukan untuk menjalankan pemain sedangkan kedua dengan men-tap layar­, ini berfungsi melakukan aksi loncatan oleh pemain.
Dari penjabaran masalah diatas, diharapkan dengan membangun game 2D Balap Karung Berbasis Android, dapat melestarikan perlombaan balap karung sehingga perlombaan ini bisa tetap dinikmati dan dicintai oleh generasi di masa depan. Serta dapat menjadi penilaian tugas besar pengganti Ujian Tengah Semester (UTS) pada mata kuliah Konsep Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar