Senin, 11 Juni 2012

SNMPTN 2012

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tahun ini akan dilaksanakan pada 12-13 Juni 2012. Jadi inget tahun-tahun sebelum nya SNMPTN lebih dikenal dengan nama SPMB, UMPTN, atau Sipenmaru. Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah harapan kita semua dan juga harapan dari orang tua kita apalagi jika kita bisa mendapatkan nya melalui lulus SNMPTN. Tahun ini diperkirakan 400 ribuan peserta mengikuti seleksi, namun hanya sekitar 15% yang diterima melalui jalur ini dikarenakan keterbatasan bangku kuliah. Nah buat adik-adik yang akan berjuang besok, tetap semangat dan optimis ya. Aku doakan semoga lancar dan sukses dalam menjalani ujian nya ^,^ . Semoga tercapai semua cita-cita mu untuk masuk ke PTN favorit. aamiin

Berikut ini ada 2 jalur penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN :
  • Jalur Undangan berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik
  • Jalur Ujian Tertulis (Khusus untuk program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan melaksanakan ujian keterampilan)
Yang besok akan dihadapi oleh para alumni SMA/SMK adalah SNMPTN Jalur Ujian Tulis. 8 Mata pelajaran yang akan diujikan dibagi menjadi 2 kelompok alat tes yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP). Pada hari pertama yakni 12 Juni 2012 yang akan diujikan adalah mata pelajaran TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Untuk hari kedua, sudah dibedakan berdasarkan program studi yang dipilih ketika mendaftar yaitu program studi IPA dan program studi IPS. Mata pelajaran yang diujikan pada program studi IPA adalah Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan pada program studi IPS adalah mata pelajaran Ekonomi, Sejarah, Sosiologi dan Geografi.

Untuk mencapai kesuksesan, ada beberapa kiat dalam menghadapi SNMPTN adalah sebagai berikut.
  • Kenali dirimu sendiri. Pastikan kamu mengetahui kemampuan diri sendiri, kekurangan dan kelebihanmu serta minat dan bakat yang kamu miliki agar lebih mudah menentukan program studi pada SNMPTN 2012
  • Bikin Target. Tentukan target jurusan yang ingin kamu ambil, tentunya harus didasarkan pada minat dan bakat kamu ya. Selain itu, dalam memilih jurusan dan PTN yang ingin kamu masuki harus dipertimbangkan juga mengenai keadaan lingkungan dan sistem pergaulan di sekitar PTN tersebut. Hal ini penting karena berhubungan dengan kemampuan finansial orangtua dan lingkungan yang akan menunjang kesuksesan kamu selama kuliah.
  • Kuasai materi SNMPTN. Tidak ada kesuksesan yang dibangun dalam waktu semalam. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan cara menguasai materi-materi yang kiranya akan keluar pada ujian SNMPTN. Hal ini bisa dilakukan salah satu nya dengan cara mengerjakan soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelum nya atau bisa juga dengan mengikuti bimbingan belajar intensif yang diadakan untuk persiapan SNMPTN.
  • Hindari kesalahan teknis seperti kertas ujian yang sobek atau lecek, pensil dan penghapus yang kurang bagus kualitas nya atau terlalu lama dalam membulatkan identitas bisa membuat kamu kehilangan banyak waktu loh. 
  • Jaga kesehatan. Nah ini nih yang juga gak kalah penting nya. Percuma dong, udah siapin materi buat menghadapi SNMPTN, tapi kamu nya sakit pas hari H. Makanya perhatikan kesehatan dan makanan yang kamu konsumsi ya, supaya sehat dan bugar ketika mengikuti ujian ;)
  • Berdoa. Ini dia kiat pamungkas nya. Serahkan semua hasil nya kepada ALLAH SWT setelah kamu berikhtiar dengan sekuat-kuat nya hehehe. Insya ALLAH, ALLAH Maha Mengetahui setiap usaha-usaha umat-Nya.

Informasi resmi mengenai SNMPTN 2012 dapat diakses melalui laman resmi http://www.snmptn.ac.id

Sumber : Buku Fokus Panduan Sukses Seleksi PTN SSC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar